Dinkes Riau Siapkan 1.500 Dosis Vaksin Sinovac Untuk Mahasiswa STIFAR dan Masyarakat 

Dinkes Riau Siapkan 1.500 Dosis Vaksin Sinovac Untuk Mahasiswa STIFAR dan Masyarakat 

PEKANBARU - Dinas Kesehatan Provinsi Riau bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFAR) Riau, Sabtu 25/09/2021 telah menyiapkan Vaksin Sinovac sebanyak 1.500 dosis yang diperuntukkan sebanyak 70 ? untuk mahasiswa STIFAR dan 30 % untuk masyarakat umum.

Menurut Ketua STIFAR Riau, Apt. Enda Mora,M.Farm, mengatakan, tujuan vaksin ini antara lain untuk persiapan tatap muka perkuliahan mahasiswa STIFAR yang insya allah akan dimulai awal Oktober 2021 mendatang, hal ini juga sesuai dengan surat edaran dari Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Riset dan Teknologi No. 164 tahun 2021, tentang Penyelenggaraan Pembelajaran tatap muka TA 2021/2022.

Menurut Enda Mora, M.Farm, terkait dengan petunjuk pembelajaran ini, juga berdasarkan keputusan bersama antara Mendikbud, Kementerian Agama, Menkes dan Mendagri RI, nomor .03/KB/2021, Nomor. 384 thn 2021, No.HK.01.08/MENKES/4242/2021 dan Nomor. 440-717 thn 2021 tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19. 

"Pembelajaran di Perguruan Tinggi mulai semester Gasal TA 2021/2022, diselenggarakan dengan tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan atau pembelajaran daring," ujarnya.

Ditambahkan Enda Mora, dalam pembelajaran Daring, Perguruan Tinggi harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga Kampus (mahasiswa, Dosen, Tenaga Kependidikan) serta masyarakat sekitar kampus, maka kita peruntukkan 30 % untuk masyarakat umum agar mereka juga bisa bekerja dan mencari nafkahnya masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, mengharapkan dengan selesainya vaksin ini, para mahasiswa, Dosen dan Tenaga Kependidikan akan dapat melaksanakan proses belajar mengajar secara  rutin, namun tetap mengutamakan prokes sesuai aturan yang telah ditetapkan pemerintah seperti selalu memakai masker, "selalu mencuci tangan dan selalu menjaga jarak. Dengan demikian insya allah akan terhindar dari penyebaran Covid-19," katanya.

Di tempat terpisah, Wkl Ketua II STIFAR Riau Dr. Apt. Seftika Sari, M.Farm, menambahkan, dengam selesainya vaksin kali ini dapat akan mengendalikan dan mencegah penyebaran pandemi Covid -19.

"Hal ini penting sekali (vaksin) dengan maksud agar mahasiswa juga dapat meningkatnya imunitas dan kekebalan tubuh, sehingga penyebaran Covid -19 akan dapat teratasi pada masa perkuliahan tatap muka nantinya," tutup bu Sari.

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index